Tutorial Membuat Website dengan WordPress

Jika Anda masih sedang belajar membuat sebuah website profesional, ada baiknya untuk menggunakan platform website gratis saja, sehingga resikonya lebih kecil.

Jika membuat website yang menggunakan bahasa pemrograman, tentu saja sangat sulit, terutama bagi mereka yang tidak terlalu menguasai bahasa pemrograman tersebut. Sehingga, resiko akan ditinggalkannya proyek website tersebut, pastinya juga akan jauh lebih besar.

Salah satunya yang bisa digunakan adalah WordPress. Ada banyak panduan berupa tutorial membuat website dengan WordPress yang bisa diikuti untuk mencoba platform website gratis ini.

Tapi, sebelum memulainya, Anda harus menyiapkan software pendukungnya telebih dahulu, yaitu Xampp, yang nantinya berfungsi untuk menginstal Apache sebagai server, MySQL untuk database, dan lainnya.

Setelah mendapatkan software Xampp, lalu instal di laptop atau komputer yang akan digunakan untuk membuat website. Kemudian, buka software Xampp tersebut, dan buat database di phpmyadmin.

Langkah berikutnya, klik ikon Apache dan MySQL, serta ketikkan alamat localhost pada browser internet di laptop atau komputer Anda. Nah, setelah selesai semua, tinggal ikuti tutorial membuat website dengan WordPress berikut ini:

  1. Download aplikasi WordPress. Kemudian, ekstrak file yang sudah di-download itu, ubah namanya sesuai dengan nama database yang telah dibuat di phpmyadmin.
  2. Instal aplikasi WordPress tersebut, serta hubungkan dengan database.
  3. Klik phpmyadamin, dan lakukan login dengan memasukkan username dan password yang telah didaftarkan.
  4. Setelah itu, buat database sesuai dengan nama website yang akan Anda buat, dan copy paste file WordPress tadi.
  5. Kemudian, ketik alamat localhost pada browser internet, dan klik “Create a Configuration File” dan “Let’s Go!”]
  6. Selanjutnya, klik “Submit”, “Run the Install”, serta isi “Information Web” dengan nama website yang Anda inginkan.
  7. Akhirnya, website Anda sudah selesai, meskipun tampilannya masih sederhana. Untuk mempercantik tampilannya, Anda bisa melakukan pengaturan pada dashboard WordPress tersebut, misalnya memasang theme dan plugin.
  8. Untuk melihat website hasil sementara itu, klik nama website dan “Visit Site”, maka website akan tampil di browser

Setelah semua langkah dalam tutorial membuat website dengan WordPress ini selesai dilakukan, Anda tinggal meng-upload konten yang akan ditampilkan pada website, bisa berupa artikel atau gambar. Kemudian, website Anda sudah siap untuk di-publish.